Pengetahuan Mengenai Penuaan Dini

Menjadi tua memang merupakan proses normal yang akan terjadi pada setiap manusia. Semua orang sadar bahwa semakin bertambah usia, organ- organ dalam tubuh juga semakin tumbuh, dan pada akhirnya akan semakin tua. Kebanyakan orang juga menilai sisi tua tidak hanya berdasarkan umurnya. Apabila ada seseorang berumur tiga puluh tahun atau mendekati umur kepala tiga belum menikah, tentu akan dikatakan: ’’Sudah tua kok belum nikah- nikah”. Namun, ada juga orang yang mengatakan sebaliknya.

penuaan dini

Ketika ada seseorang berumur 3 3 tahun dan berhasil menjadi profesor, maka banyak orang yang bilang: “Wah, masih muda sudah berhasil menjadi profesor”. Tentu, pernyataan tersebut sangat bergantung pada konteksnya. Yang jelas, semakin bertambah umur seseorang, akan membuatnya semakin tua. Hindari juga berbagai macam obat-obatan antibiotik Kebanyakan kita, menganggap orang yang umurnya mulai memasuki kepala tiga atau empat, sudah bisa dikatakan menginjak masa tua.

Namun, apa yang terjadi jika penuaan datang lebih cepat dari waktunya, atau yang lebih populer dengan sebutan penuaan dini? Banyak di antara kita yang melihat wajah-wajah orang yang sebenarnya berusia muda, namun tampak sudah tua. Jangan-jangan, justru kita juga termasuk salah satunya? Ya, terkadang, aktivitas kerja yang padat juga dapat menjadi penyebab wajah kita tampak lebih tua dibandingkan teman-teman di sekitar yang usianya lebih tua. Banyak orang yang mengeluhkan kondisi seperti ini.

Jangan Khawatir Penuaan Dini

Saya kira, setiap orang mengkhawatirkan jika dirinya dikatakan sudah terlihat tua, padahal usia masih terbilang muda. Baik laki-laki maupun perempuan, akan merasagusar jika meng- alami proses penuaan dini. Mereka biasanya mengalami tekanan mental, karena me- nanggung beban psikologis dari teman-temannya akibat proses penuaan dini ini. Pada kaum hawa, gejala ini akan cepat terlihat saat ia sudah melahirkan anak. Meskipun usianya masih muda, namun perubahan wajah dan fisik akibat menyusui, mem- buat seorang istri menjadi lebih tua dari suaminya. Proses penuaan dini ini memang bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, jika orang tersebut dekat-dekat dengan penyebabnya.

Apalagi, menurut sebuah survei dikatakan bahwa tujuh dari sepuluh orang Indonesia akan mengalami proses penuaan dini. Menurut survei yang dipublikasikan dalam Bisnis Indonesia ini menyebutkan bahwa rata-rata penyebab utama penuaan dini yang dialami orang Indonesia adalah stres, aktivitas berlebihan di bawah sinar matahari dan ruangan ber-AC, serta kurangnya mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas per hari. Meskipun, sebenarnya masih ada banyak penyebab lain dari buruknya kondisi lingkungan sekitar. Kenyataan ini membuat kita semua menjadi was-was.

Jangan-jangan, kita sendiri telah terserang yang namanya proses penuaan diri? Atau, jangan- jangan semua penyebab itu sering kita lakukan, sehingga tanpa disadari telah menjadi tujuh dari sepuluh orang yang disebut dalam survei tersebut? Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kita butuh pengetahuan lebih lanjut mengenai proses penuaan dini tersebut. Oleh sebab itu, web ibu hamil ini akan mengenai lebih jauh mengenai apa dan bagaimana penuaan diri itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *